Suwar-Suwir Jajanan Khas Jember

Hai selamat siang, disini saya akan membawa kalian untuk nostalgia ke masa anak-anak. Masa anak-anak adalah masa yang paling menyenangkan, karena kita bisa melakukan apa saja yang menyenangkan. Contohnya saja saat kita ingin membeli jajanan, dimana kita paling suka dengan hal yang berbau manis. Sebagai contoh adalah Suwar-Suwir, jika kalian tau jajanan ini maka masa kecil kalian sangat bahagia. Jika ada dari kalian yang belum tau apa itu Suwar-Suwir, bentuknya seperti apa, dan dari mana asal jajanan tersebut?. Disini saya akan menjelaskan tentang jajanan tradisional yang legendaris dari kota Jember ini.
Suwar-Suwir Jajanan Khas Jember

Suwar-Suwir merupakan makanan/jajanan yang berasal dari Kabupaten Jember, Jawa Timur.
Bahan utama dari Suwar-Suwir ini adalah singkong, namun singkong tersebut harus di fermantasi terlebih dahulu sehingga menghasilkan tape. Kemudian di olah sedemikian rupa menjadi makanan ringan. Bentuk Suwar-Suwir persegi panjang yang berukuran 3-4 sentimeter.
Ada berbgai macam rasa yaitu, durian, mangga, jeruk, melon, dan semangka. Namun awalnya Suwar-Suwir hanya ada dua rasa yaitu, coklat dan vanilla.
Suwar-Suwir Jajanan Khas Jember

Namun sayangnya makanan/jajanan ini mulai dilupakan, karena tergantikan oleh jajanan yang lebih terlihat menarik dan mungkin anak jaman sekarang gengsi untuk memakan jajanan tradisional. Menurut mereka sudah tidak jaman lagi memekan makanan tradisional. Seharusnya kita bisa mengimbanginya dengan cara tetap melestarikan jajanan tradisional tersebut. Bukan hanya Suwar-Suwir saja, makanan/jajanan tradisional apapun wajib kita lestarikan. 

Sekian dulu penjelasan dari saya tentang Jajanan Suwar-Suwir Khas Jember, terima kasih sudah membaca.  

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Suwar-Suwir Jajanan Khas Jember "

Posting Komentar

jangan segan untuk melihat blogg yang saya buat